Tuesday, May 17, 2016

Mengenal Bus Factor: your best developer is your biggest problem

Why your ‘best’ developer is your biggest problem?
Roy Osherove 


Bus Factor? Programmer yang kerja sampingan sebagai sopir bis? Bisa jadi, tapi yang dimaksud di sini adalah Bus factor dalam dunia business management company. Dari Wikipedia Bus faktor adalah:
The bus factor is a measurement of the concentration of information in individual team members.
Jadi dengan semakin sedikit staf, karyawan, atau anggota tim yang menguasai sebuah proyek, teknologi perusahaan atau produk perusahaan maka artinya perusahaan itu memiliki Bus Factor yang tinggi.

Bus Factor tidak akan menjadi masalah jika semua berjalan normal. Tapi akan menjadi masalah besar jika ada seorang anggota tim/staff yang ngambekan, yang kebetulan dia sedang menangani project penting, dan hanya dia yang kompeten menangani project itu.

Contoh lainnya adalah , bayangkan jika hak akses manager dari sebuah sistem informasi dan database dari sebuah perusahaan hanya dipegang oleh satu orang staff. Atau karena ke-gaptek-an-nya, si bos mempercayakan seorang staf untuk mengurusi seluruh sistem data di perusahaan. Mulai dari membuat user baru hingga mengganti password server bisa dilakukannya. Jika saya jadi bosnya, jika karyawan itu tidak masuk satu minggu pun saya tidak akan menegurnya.

Bagaimana Cara Menghindari Bus Factor yang Tinggi?

  • Terus kembangkan kemampuan semua anggota tim,jangan terfokus pada satu individu.
  • Persiapkan cadangan pengganti untuk setiap orang yang memegang pekerjaan penting.
  • Share untuk setiap informasi penting dan ilmu baru.
  • Jika produk anda berupa software/aplikasi, setiap bagian dari kode perlu dokumentasi.

Sesungguhnya Bus Factor Tertinggi Ada Pada Anda

Sebagai team leader, manager atau pemilik dari perusahaan adalah orang dengan Bus factor tertinggi. Apa yang akan terjadi pada perusahaan anda jika anda resign? dapatkah perusahaan tetap berjalan?

Tugas jangka panjang anda adalah membuat diri anda dapat digantikan (dispensable). Memastikan suatu saat nanti proyek atau perusahaan tetap berjalan dengan dukungan semua tim tanpa anda dan tanpa perlu bantuan anda lagi. 

2 comments: